Minggu, 09 Desember 2012

OSN Pertamina: Cerdas dan Berprestasi Bersama Pertamina




Tanggung jawab untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan khususnya pada Perguruan Tinggi bukan hanya domain pemerintah saja , tapi semua pihak di republik ini turut andil memajukan pendidikan. Tak terkecuali bagi PT. Pertamina yang merupakan BUMN terbesar milik Bangsa Indonesia yang begitu konsen terhadap peningkatan kemampuan berprestasi bagi seluruh mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Bentuk Perhatian Pertamina tersebut diejawantahkan dalam program/kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina.

OSN Pertamina merupakan kompetisi sains tahunan bagi para mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina bekerjasama dengan UI dan didukung penuh oleh Direktorat Pendidikan Tinggi serta Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Program ini untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. Hingga tahun 2012, kompetisi ini telah lima kali berturut-turut diselenggarakan sejak tahun 2008 dengan model dan sistem kompetisi yang terus mengalami penyempurnaan.

Pada penyelenggaraan OSN Pertamina 2012 sedikit berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. OSN PERTAMINA 2012 kali ini memperlombakan dua kategori yaitu Katagori Theory dan Katagori Science Project . Kategori Theory sendiri memperlombakan 4 bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Dan Biologi. Sedangkan kategori Science Project merupakan ajang mengaktualkan dan mengekspresikan diri untuk berkompetisi dan menampilkan karya cipta atau teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Ajang berkelas yang berhadiah total 2,8 Milyar dan mengambil tema “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi” sekaligus juga untuk memperingati  55 Tahun Pertamina sebagai BUMN Kebanggan Bangsa Indonesia. Seleksi Nasional OSN PERTAMINA 2012 akan memilih para pemenang 1,2,3 kategori teori dari empat bidang keilmuan yang dilombakan (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) serta pemenang 1,2,3 pada kategori project. Dan hasil OSN Pertamina 2012 adalah sebagai berikut:
I.          Kategori Theory
a.    Bidang Matematika
1.      Abe Gracia Valeerian dari Universitas Pelita Harapan
2.      Allien Jesicca dari UI
3.      Rudi Hartono dari Universitas Lambung Mangkurat.
b.    Bidang Fisika
1.      David Sipayu dari UI,
2.      M Yasin dari Universitas Diponegoro (Undip),
3.      Ido Hilka Zirahya dari Universitas Jember.
c.    Bidang Kimia
1.      Bayu Ardiansah dari UI
2.      Robi Maulana Saputra dari Universitas Tanjung Pura
3.      Nurina Listya M dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
d.   Bidang Biologi
1.      Budi Santoso dari Universitas Gadjah Mada (UGM)
2.      I Gusti Agung Ari Kreyana dari Universitas Udayana
3.      Abinabu Tariswafi dari UI
Juara Pertama pada tiap kategori berhak membawa pulang piala dan uang Rp 8 juta, Juara Kedua memboyong piala dan uang Rp 6 juta, sedangkan juara tiga meraih piala dan uang Rp 4 juta.
II.          Kategory Science Project
1.  Grandprix Thomryes dari UI, dengan mempresentasikan solusi terhadap permasalahan limbah plastik yang dapat merusak lingkungan melalui makalah berjudul “Aplikasi Zeolit Alam Indonesia dan Na-Zeolit Alam Indonesia sebagai Katalis Rengkah Polietlena menjadi Fraksi Minyak Bumi”. Grandprix menawarkan solusi terhadap pengolahan limbah plastik dengan mengkonversi limbah plastik menggunakan katalis yaitu Zeolit dan Na-Zeolit yang banyak tersebar di alam Indonesia. Dia pun memboyong piala dan uang tunai Rp 20 juta.
2.   Khairul Rizki dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh dengan Kompor Sabut Kelapa (Kosapa), ini merupakan salah satu inovasi dalam energi alternatif terbarukan. Khairul pun membawa pulang piala dan uang tunai Rp 15 juta.
3.  Agung Heru Yatmo dari Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan temuan Rebicha Reaktor Biogas Chorella alat pemurnian gas portable. Dan berhak atas piala dan uang Rp 10 juta.
Juara-Juara OSN Pertamina 2012
Mulai tahun 2012 ini, PT Pertamina memberikan kesempatan pada juara-juara OSN untuk berkecimpung di Pertamina. “Para juara nanti tinggal menjalani tes formal saja, karena mereka sudah mendapat privilege untuk menjadi karyawan Pertamina”, kata Nursatyo Argo yang merupakan Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero). Hal itu dilakukan karena banyak mahasiswa juara olimpiade namun tidak dapat bekerja sesuai bidangnya. Tentunya ini menjadi perhatian dan ini salah satu upaya yang dilakukan PT Pertamina. Inilah saatnya menuju era perubahan dengan penemuan yang tepat guna..

Ayo, Cerdas dan Berprestasi bersama Pertamina!!!! Indonesia Bisa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar