Minggu, 20 November 2011

Internet Membantu Penyelesaian Kuliahku


Menjelang lulus SMA, saya sudah memikirkan melanjutkan pendidikan ke tingkatan yang lebih tinggi. Saya ingin Xlangkah lebih maju dalam hal tingkat pendidikan dari teman yang hanya ingin sampai SMA saja. Ketika ada pendaftaran bebas tes untuk masuk salah satu Perguruan Tinggi Negeri, saya ikut mendaftar dan Alhamdulillah yah, lulus. Ini membuat saya Xlangkah lebih maju dari teman-teman karena tidak perlu lagi ikut UMPTN/SNMPTN. Akhirnya dari desa menuju ke Ibukota Propinsi untuk kuliah.
Dulu, ketika berstatus mahasiswa, dalam hal teknologi dan informasi sifat ndeso saya tidak ketulungan, maklum waktu masih sekolah di SMA jarang menyentuh komputer dan disekolah tidak pernah yang namaya masuk laboratorium komputer. Cuma bisa menyalakan komputer tapi tidak tahu menjalankan aplikasi di dalamnya, terlebih lagi dalam hal menggunakan internet sebagai sarana belajar dan sarana mencari informasi pelajaran. Kalau ada tugas dari Dosen untuk mencari literatur dari internet, saya cuma ikut sama teman saya, minta tolong agar dibantu mencarinya. Sungguh sangat Ndeso. Beberapa kali hal itu berlangsung, malunya sudah sangat menggunung, sehingga dalam hati saya berkata bahwa saya harus Xlangkah lebih Maju dari sekarang, harus bisa dan pasti bisa!
Kalau orang belajar komputer dengan mengikuti kursus resmi, saya otodidak saja, belajar sendiri, maklum kantong tak setebal mereka yang kursus itu. Kalau lagi di rumah  kos, ya nebeng di kamarnya teman untuk main komputer, dan kalau lagi beruntung ya pakai laptopnya teman. Terus kalau di kampus belajar nge-net, masuk ke perpustakaan dan menuju ke komputer yang tersambung dengan internet, ataupun pinjam laptopnya teman, sambungkan dengan wifi, belajar deh berselancar di dunia maya. Dan pada akhirnya, lama kelamaan sudah lancar menggunakan komputer/laptop, apalagi untuk berselancar di dunia maya. Ini membuatku merasa bahwa saya telah Xlangkah Lebih Maju dari yang dulu gaptek kini melek internet. Dan terbukti walau tanpa ikut kursus resmi, saya bisa!
Alhamdulillah, tahun 2009 tugas akhir terselesaikan dengan bantuan beberapa literatur dan materi/video pembelajaran yang saya peroleh dari internet, karena penelitian tugas akhir saya menyangkut penggunaan video/animasi dalam pembelajaran, jadi animasi pembelajarannya saya unduh dari beberapa situs di internet. Saat itu juga, lagi nge-trendnya Facebook, sehingga untuk berbagi informasi dengan teman menyangkut isi tugas akhir sering saya lakukan melalui chat FB. Demikian juga bila ada yang tidak saya mengerti mengenai koreksi Dosen Pembimbing tentang isi tugas akhir, saya biasa mengkonsultasikannya melalui email, apalagi kalau Dosenya lagi ke luar kota. Itu membuat saya Xlangkah lebih maju dari teman yang antri di depan pintu ruangan untuk konsultasi tugas akhirnya dan harus menunggu lama. 
Terima kasih internet. Kau telah membantu penyelesaian kuliah ku!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar