Kamis, 24 November 2011

Xlangkah Lebih Maju Menjadi Guru dengan Memanfaatkan Internet: Tidak Ndeso Lagi!!!


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia, yang membawa kita ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Agar mampu berperan dalam persaingan global, maka kita perlu terus meningkatkan kualitas diri agar kita tetap Xlangkah Lebih Maju, yang salah satunya melalui pendidikan, baik formal maupun informal.
Alhamdulillah saya berkecimpung dalam dunia pendidikan formal maupun informal. Pada pendidikan formal, saya sebagai guru Biologi pada SMK, sedangkan di lingkup pendidikan informal saya sebagai tenaga pengajar pada salah satu lembaga bimbingan belajar. Sebagai guru di salah satu sekolah dan Tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar, mengharuskan saya harus Xlangkah lebih maju dalam hal pengetahuan. Pengetahuan yang bisa saya dapat dari internet. Malu dong, bila siswa di sekolah maupun di tempat bimbingan belajar lebih dulu tahu dibandingkan guru atau pengajarnya. Apalagi di tempat bimbingan belajar, seorang tenaga pengajar harus tau lebih banyak tentang informasi yang menyangkut mata pelajarannya maupun peristiwa terkini. Yah, tak ada lain, mau tak mau  harus menggunakan internet untuk memperbarui informasi.
Melihat pembelajaran biologi yang sering saya berikan dalam kelas, ternyata tidak semua siswa bisa mengerti, yang pada ujung-ujungnya nilai siswa di bawah rata-rata. Saya berinisiatif untuk terus mengubah gaya, model pembelajaran dan media pembelajaran. Di internet, saya bisa menemukan banyak metode/tekhnik/model pembelajaran terutama pembelajaran kooperatif, saya mempelajarinya dan menerapkan model tersebut dalam pembelajaran. Ini membuat saya Xlangkah lebih maju dari teman-teman guru yang dalam pembelajarannya hanya terpaku pada teknik tanya jawab, ceramah, dan kadang-kadang diskusi, bahkan hanya mendiktekan materi pelajaran. Dan terlihat ketika saya menerapkan model pembelajaran kooperatif, kerja sama antar siswa meningkat, tidak terlihat persaingan antar orang per orang dalam proses belajar tapi yang ada adalah saling membantu dalam pelajaran, jadi siswa yang berkemampuan lebih bisa memebantu teman yang lain bekerja sama menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
Dalam hal media pembelajaran, pihak sekolah menyediakan LCD dan Laptop untuk pembelajaran yang jarang digunakan. Dari pada rusak tidak pernah digunakan, lebih baik digunakan. Dan juga belajar dari penelitian tugas akhir saya tentang penggunaaan video/animasi dalam pembelajaran, maka saya mengumpulkan video/animasi pembelajaran sesuai dengan materi yang saya ajarkan dan saya kolaborasikan dengan power point. Tentunya, video/animasi tersebut saya peroleh dari internet, dengan pencarian khusus yang ada pada om google, saya bisa memperoleh banyak animasi pembelajaran, tinggal di unduh saja kok,.
Dalam pembelajaran biologi ada proses yang jika dijelaskan atau hanya diperlihatkan melalui gambar diam, seperti misalnya proses peredaran darah maka siswa biasa tidak mengerti, maka ketika diberikan dalam bentuk animasi, mereka bisa mengerti dan menyimpan informasi dalam otak mereka lebih lama. Karena animasi juga berfungsi menarik perhatian mereka. Itulah Xlangkah lebih maju yang saya terapkan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dan siswa yang dulunya ketika diberi evaluasi hanya sekitar 50% yang memperoleh nilai di atas rata-rata, kini dengan bantuan media animasi yang saya unduh dari internet, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata meningkat. Ini membuatku Xlangkah lebih maju dari guru dengan bidang studi yang sama karena mereka belum menggunakan animasi pembelajaran, palingan hanya menggunakan power point saja.
Saya juga memanfaatkan email dalam pengumpulan tugas. Jadi ada tugas-tugas tertentu yang saya berikan dikumpulnya dengan mengirim lewat email. Ini membuatku Xlangkah lebih maju dari yang dulu dan dari guru-guru lain karena tidak perlu banyak tumpukan kertas tugas yang harus dibaca, toh pada akhirnya tugas tersebut hanya menumpuk di meja. Atau ketika dikembalikan pada siswa, tugas tersebut tidak pernah digubris lagi. Tinggal buka email lewat hp, baca, trus beri nilai. Ini juga membuat siswa Xlangkah lebih maju dalam hal mengenal dan menggunakan internet, mereka tidak dikatakan Ndeso lagi, jadi sudah terbiasa menggunakan internet. Dan melihat antusias siswa terhadap internet,  saya berpikir untuk memanfaatkan blog saya harsidi-side.blogspot.com untuk memberikan informasi pelajaran dan berharap blog ini dapat terus saya kembangkan. Saya hanya menginfokan materi pelajaran selanjutnya untuk di lihat di blog saya, dan mereka pelajari sebelum masuk kelas. Sambil menjelajah internet atau yang istilahnya OL atau Online, mereka juga belajar dengan membaca materi yang ada di blog saya. Memiliki blog membuat saya Xlangkah Lebih Maju dibandingkan yang lain, bangga rasanya bila memperlihatkan dan mengajarkan orang lain untuk membuat blog juga. Dan teknik saya yang menggunakan email, blog, dan memanfaatkan internet untuk pembelajaran pun mulai ditiru oleh teman-teman yang lain.
Internet telah membuatku Xlangkah Lebih Maju menjadi guru yang baik bagi siswa-siswa saya. Terima kasih internet!!! Teruslah Mencerdaskan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar