Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia,
yang membawa kita ke dalam era persaingan global yang
semakin ketat. Agar mampu berperan dalam persaingan global, maka kita perlu
terus meningkatkan
kualitas diri agar kita tetap Xlangkah Lebih Maju, yang salah satunya
melalui pendidikan, baik formal maupun informal.
Alhamdulillah saya berkecimpung dalam dunia pendidikan formal maupun
informal. Pada pendidikan formal, saya sebagai guru Biologi pada SMK, sedangkan
di lingkup pendidikan informal saya sebagai tenaga pengajar pada salah satu
lembaga bimbingan belajar. Sebagai guru di salah satu sekolah dan Tenaga
pengajar di lembaga bimbingan belajar, mengharuskan saya harus Xlangkah lebih
maju dalam hal pengetahuan. Pengetahuan yang bisa saya dapat dari internet.
Malu dong, bila siswa di sekolah maupun di tempat bimbingan belajar lebih dulu
tahu dibandingkan guru atau pengajarnya. Apalagi di tempat bimbingan belajar,
seorang tenaga pengajar harus tau lebih banyak tentang informasi yang menyangkut
mata pelajarannya maupun peristiwa terkini. Yah, tak ada lain, mau tak mau harus menggunakan internet untuk memperbarui
informasi.
Melihat pembelajaran biologi yang sering saya berikan dalam kelas,
ternyata tidak semua siswa bisa mengerti, yang pada ujung-ujungnya nilai siswa
di bawah rata-rata. Saya berinisiatif untuk terus mengubah gaya, model
pembelajaran dan media pembelajaran. Di internet, saya bisa menemukan banyak
metode/tekhnik/model pembelajaran terutama pembelajaran kooperatif, saya
mempelajarinya dan menerapkan model tersebut dalam pembelajaran. Ini membuat
saya Xlangkah lebih maju dari teman-teman guru yang dalam pembelajarannya hanya
terpaku pada teknik tanya jawab, ceramah, dan kadang-kadang diskusi, bahkan
hanya mendiktekan materi pelajaran. Dan terlihat ketika saya menerapkan model
pembelajaran kooperatif, kerja sama antar siswa meningkat, tidak terlihat
persaingan antar orang per orang dalam proses belajar tapi yang ada adalah
saling membantu dalam pelajaran, jadi siswa yang berkemampuan lebih bisa
memebantu teman yang lain bekerja sama menyelesaikan permasalahan yang
diberikan.
Dalam hal media pembelajaran, pihak sekolah menyediakan LCD dan Laptop
untuk pembelajaran yang jarang digunakan. Dari pada rusak tidak pernah
digunakan, lebih baik digunakan. Dan juga belajar dari penelitian tugas akhir
saya tentang penggunaaan video/animasi dalam pembelajaran, maka saya
mengumpulkan video/animasi pembelajaran sesuai dengan materi yang saya ajarkan dan
saya kolaborasikan dengan power point. Tentunya, video/animasi tersebut saya
peroleh dari internet, dengan pencarian khusus yang ada pada om google, saya
bisa memperoleh banyak animasi pembelajaran, tinggal di unduh saja kok,.
Dalam pembelajaran biologi ada proses yang jika dijelaskan atau hanya diperlihatkan
melalui gambar diam, seperti misalnya proses peredaran darah maka siswa biasa
tidak mengerti, maka ketika diberikan dalam bentuk animasi, mereka bisa
mengerti dan menyimpan informasi dalam otak mereka lebih lama. Karena animasi
juga berfungsi menarik perhatian mereka. Itulah Xlangkah lebih maju yang saya
terapkan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dan siswa yang dulunya ketika
diberi evaluasi hanya sekitar 50% yang memperoleh nilai di atas rata-rata, kini
dengan bantuan media animasi yang saya unduh dari internet, jumlah siswa yang
memperoleh nilai di atas rata-rata meningkat. Ini membuatku Xlangkah lebih maju
dari guru dengan bidang studi yang sama karena mereka belum menggunakan animasi
pembelajaran, palingan hanya menggunakan power point saja.
Saya juga memanfaatkan email dalam pengumpulan tugas. Jadi ada
tugas-tugas tertentu yang saya berikan dikumpulnya dengan mengirim lewat email.
Ini membuatku Xlangkah lebih maju dari yang dulu dan dari guru-guru lain karena
tidak perlu banyak tumpukan kertas tugas yang harus dibaca, toh pada akhirnya
tugas tersebut hanya menumpuk di meja. Atau ketika dikembalikan pada siswa,
tugas tersebut tidak pernah digubris lagi. Tinggal buka email lewat hp, baca,
trus beri nilai. Ini juga membuat siswa Xlangkah lebih maju dalam hal mengenal
dan menggunakan internet, mereka tidak dikatakan Ndeso lagi, jadi sudah
terbiasa menggunakan internet. Dan melihat antusias siswa terhadap
internet, saya berpikir untuk
memanfaatkan blog saya harsidi-side.blogspot.com untuk memberikan informasi
pelajaran dan berharap blog ini dapat terus saya kembangkan. Saya hanya
menginfokan materi pelajaran selanjutnya untuk di lihat di blog saya, dan
mereka pelajari sebelum masuk kelas. Sambil menjelajah internet atau yang
istilahnya OL atau Online, mereka juga belajar dengan membaca materi yang ada
di blog saya. Memiliki blog membuat saya Xlangkah Lebih Maju dibandingkan yang
lain, bangga rasanya bila memperlihatkan dan mengajarkan orang lain untuk
membuat blog juga. Dan teknik saya yang menggunakan email, blog, dan
memanfaatkan internet untuk pembelajaran pun mulai ditiru oleh teman-teman yang
lain.
Internet telah membuatku Xlangkah Lebih Maju menjadi guru yang baik bagi
siswa-siswa saya. Terima kasih internet!!! Teruslah Mencerdaskan!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar